Pages

Tuesday, March 04, 2008

Mengambil Referensi dari Internet

Kasihan, saya masih melihat beberapa mahasiswa yang belum bisa mengambil referensi dari Internet berupa direct url. Sedangkan banyak sekali tulisan (makalah, jurnal ilmiah, laporan praktikum laboratorium) memerlukan referensi bentuk ini agar tulisan yang dibuat dapat dipertanggungjawabkan dan memenuhi syarat sebagai tulisan ilmiah. Pada sisi lain kadang penulisan referensi dari sebuah text book sekalipun masih terdapat banyak kesalahan.

Sepertinya tidak semua mahasiswa tingkat awal memahami cara melakukannya (at least di tempat saya kuliah dulu). Kapan teknik penulisan ilmiah ini diajarkan di bangku kuliah?

Apabila saya lihat di jurusan, kuliah tentang teknik menulis bidang ilmiah ("Penulisan Laporan Teknik") ini ada di semester 7.. Walah?!?..telat dong! Mungkin tugas dosen-dosen tingkat awal harus memberikan pelajaran ini disela-sela kuliahnya.

What ever dech! Berikut cara (newbie's guide) mengambil referensi (direct url) dari Internet yang benar dengan contoh kasus pengambilan dari search engine Google:

Pertama
Setelah mengetikkan kata kunci referensi yang ingin dicari (dalam contoh ini adalah: "pengertian algoritma", tanpa tanda petik), pilih salah satu baris hasil dari pencarian tersebut, yang akan dijadikan referensi.


Kedua
Klik kanan baris yang ingin anda ambil referensi tersebut, lalu pilih Copy Link Location.


Ketiga
Simpan (Paste) di text editor :P kesukaan anda.

Done! (halah!..halah!)


Semoga saya tidak lagi melihat referensi direct url seperti ini lagi:

2 comments:

stwn said...

Zotero? http://www.zotero.org/

AndiSugandi™ said...

Weeey.. Canggih neeh!

*nuhun Wan..* :)