Pages

Wednesday, December 06, 2006

KluB, Common Room, and Its Collaboration

Diawali dengan pertemuan pengurus KluB (KluB Linux bandung) pada hari Sabtu (25 November 2006) di Common Room--Jl. Kyai Gede Utama 8 Bandung--yang dihadiri oleh Willy (Ketua KluB), Gustaf H. Iskandar (Koordinator Bagian Riset dan Pengembangan Common Room Networks Foundation), Charlie, Bambang, Andre, Jhon E., dan saya, akhirnya disepakati bahwa KluB akan bekerja sama dengan Common Room dalam pengembangan dan penetrasi sistem operasi Linux dan FOOS (Free and Open Source Software) di Kota Bandung, khususnya pada bidang aplikasi multimedia dan digital art.

Pada pertemuan tersebut disepakati bahwa Pihak Common Room akan menyediakan sarana dan fasilitas yang ada untuk memberikan keleluasaan dalam aktivitas Para Aktivis Linux Kota Bandung yang dimotori oleh KluB, dan bersama-sama dengan KluB membangun atomosfer teknologi informasi berbasiskan free/open source software di Kota Bandung tercinta ini. Idealis memang, tapi dengan usaha yang konsisten semua bisa kita wujudkan bersama-sama.

Keinginan itu pun ditindaklanjuti dengan pertemuan selanjutnya di tempat yang sama (Sabtu, 4 Desember 2006) setelah disepakati bahwa setiap hari Sabtu (pukul 14.00 s.d. selesai) dalam satu minggunya kami akan rutin kembali mengadakan pertemuan bersama, dan hari itu dihadiri oleh Willy, Gustaf H. Iskandar, Azuwir, Shifa, Aty, dan saya, kembali membicarakan rencana kegiatan selanjutnya.

Dengan adanya dukungan semua pihak dan melihat potensi yang ada, akhirnya beberapa kesepakatan telah diputuskan (sebagai langkah awal kegiatan):
  1. KluB akan mem-publish beberapa tulisan yang berhubungan dengan Linux dan FOSS di media koran atau majalah lokal (kemungkinan di Koran Pikiran Rakyat-Jawa Barat dan Majalah Islam Percikan Iman-Bandung) dengan isi tulisan yang cukup sederhana dan dapat dipahami dengan mudah oleh masyarakat umum.
  2. KluB & Common Room akan membangun Radio Internet yang cukup representatif untuk bisa dijadikan media komunikasi kalangan Musik dan kreativitas seni dan Linux di Kota Bandung (khususnya).
  3. Mengembangkan dan memanfaatkan software openMosix sebagai program parallel/cluster computing agar bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk penelitian (akademik) tapi juga dunia industri.
Pada akhirnya, semoga rencana kegiatan di atas bisa direalisasikan dengan baik tentu saja dengan bantuan dan kerja sama semua pihak.

Dengan di-publish-nya tulisan ini, kami mengundang semua pihak (khusunya Aktivis Linux Bandung) untuk bisa hadir di pertemuan hari Sabtu selanjunya di waktu dan tempat yang sama, Common Room (Jl. Kyai Gede Utama 8-Bandung), untuk menindak lanjuti kegiatan yang sudah disepakati tersebut (tak tertutup untuk mengadakan acara lainnya), serta bersama-sama membantu dalam peningkatan kualitas masyarakat yang lebih bermanfaat, tentu saja dengan FOSS.

10 comments:

Yuda said...

Wah, selamat nih dah dapet mitra kerja. Nanti tulisan di PR-nya di tulis disini juga yah.

atypenguin said...

mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bagi perkembangan teknologi di bandung khususnya :)

Andi Sugandi said...

#yuda:
Sebenarnya KluB masih dalam tahap perencanaan, eksekusinya (untuk sekarang, hari ini) belum direalisaskan.

Akan saya update apabila ada perkembangan :)

#atypenguin:
Amiin :)

Terima kasih ya... :)

Dongeng Geologi said...

kok kebanyakan blogger suka ngobrolin linux sih ?

Andi Sugandi said...

#dongeng geologi:
Oh gitu? :)

azuwir said...

#dongeng geologi:
Karena kebanyakan blogger adalah orang yang tertarik dengan konsep share knowledge, dan Linux adalah salah satu icon di dunia FOSS yang memang "mendewakan" konsep berbagi pengetahuan hehehe...

Selain itu, blogger merupakan "penguasa" internet secara fiktif :D, sehingga komunitas blogger merupakan satu kesatuan yang tergabung dengan bidang yang menjadikan mereka bersatu, Linux adalah salah satu topik yang hangat terus dibicarakan hehehe...

Tapi, kalau anda cermat sebenarnya banyak blogger yang khusus ngebahas resep makanan, perawatan bayi, siklus menstruasi, kehamilan, fotografi, musik indie, gossip, arisan, dan banyak lagi...search aja di technorati hehehe...

azuwir

asf said...

Wilujeng!
Tentunya kalau ke Bandung saya hampir selalu mampir ke commonroom. Jadinya bisa belajar linux sekalian.

Salam ti Tebet,
asf

AndiSugandi™ said...

Hatur nuhun :)

Salam kenal Kang Asep, semoga kegiatan ini nantinya bisa konsisten dan dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan :)

zakiakhmad said...

Salam kenal.

KluB ada milis-nya gak ya? Wah saya ketinggalan berita nih. Kapan kumpul-kumpul lagi KluB, Mas Andi?

utuh said...

weks... kayaknya bandung contoh yang bagus untuk membangun aspirasi kami di kota samarinda dalam mensosialisasikan dan mengembangkan linux bagi kami-kami nich.

Selalu sukses Mas Andi