Pages

Monday, November 13, 2006

Flock-The Social Web Browser

Saya mendengar kali pertama web browser Flock dari Mas Amal di Pelatihan Blog 2 bulan yang lalu, beliau mengatakan bahwa kita bisa membaca posting-an terbaru dari suatu blog melalui rss reader segera setelah posting-an tersebut di-publish, dan rss reader Flock memberikan fasilitas rss reader dengan interface yang lebih baik (sepanjang penulis bandingkan dari sisi user interface-nya), dan memang itulah adanya :) .

Flock mempunyai tiga fitur utama (terlihat di main page situsnya--gambar atas): Photos sharing (drag and drop foto langsung dari desktop komputer), News (berita, informasi dengan feed yang lebih baik), dan Search (dengan usability yang juga lebih baik). Satu lagi mungkin fitur lain yang tidak (belum?) ada di browser lain adalah fasilitas nge-blog, dan upload gambar ke flicker yang sudah terintegrasi di Menu-nya. Bagi anda yang suka nge-blog, browser ini akan selalu memanjakan Anda! Percayalah.. :)

Karena browser ini menggunakan engine yang sama dengan Mozilla Forefox , maka beberapa fitur lain yang biasa dipakai di Firefox juga dimiliki oleh Flock, diantaranya adalah: support theme, extension, dan lain sebagainya; Penulis sangat menyukai extension Session Manager yang dapat membuka kembali tab/window yang tidak sengaja di-close (gambar atas), dan fasilitas menyimpan session suatu kejadian penggunaan flock pada waktu tertentu (gambar bawah). Oleh karena alasan yang sama (source code-nya diturunkan dari Mozilla Firefox), maka flock pun dilisensikan di bawah GPL (GNU General Public Lisence), jadi termasuk Free Software dong? ya, ya, ya... :D , dan karenanya akan terus di-develop secara kontinyu oleh komunitas Flock.

Dengan keunggulan mesin Firefox ditambah dengan user interface yang di-upgrade dengan lebih baik, dan fasilitas resource sharing yang dipermudah, pantaslah memang browser ini dijuluki the social web browser. Kita akan menikmati suatu browser yang reliable dengan suasana yang baru dan menyenangkan!

Walaupun demikian beberapa hal menjadi sedikit buggy bagi saya, di Preference/Tabs; ada setting Force links that open new windows to open in [pilihan] new tab, tetapi malah tetap membuka di current tab, serta menu undo close-nya tidak disertakan melalui klik kanan di toolbar (seperti halnya Firefox)... xTak ada gading yang tak retak?... Not really so perfect for me, but it's still impressive! :)

Saat tulisan ini dibuat Flock sudah mencapai rilis stabil di versi 0.7.8, setara dengan Firefox 1.5.0.8 (lihat di About Flock; Menu: Help-About Flock), dan men-support tiga sistem operasi desktop terbesar: Microsoft Windows, Linux, dan Macintosh O.S.

Sebagai (salah satu bentuk) partisipasi terhadap Flock, saya me-"nempel" banner, dan membuat sedikit ulasan tentang Flock (yang sedang anda baca) di blog ini :) .

OK, have nice browsing then! :D

No comments: